Kegiatan

Rapat Kerja Forsekdesi 2022

Pemerintah Desa mengikuti rapat kerja Forsekdesi (Forum Sekretaris Desa) yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2022 bertempat di Balai Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kendal, Kepala Dinas PUPR Kab.Kendal, PLT Dispermasdes, PLT Disporapar, Ketua Paguyupan Kades Limbangan, Ketua Paguyuban BPD, Forkopimcam Kecamatan Limbangan dan seluruh Sekretaris Desa di Kabupaten Kendal.

Dalam laporan panitia, Ketua Forsekdesi Budi Ristanto, S.T. mengatakan komitmen Sekretaris Desa untuk tetap tegak lurus terhadap pemerintahan baik di tingkat desa maupun pemerintahan yng lebih tinggi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Rapat Kerja Forsekdesi yang kedua ini.

Rapat kerja ini bisa melahirkan ide-ide atau gagasan yang bertujuan untuk pembangunan desa dan juga kesejahteraan masyarakatnya.“Semoga dengan adanya rakor ini, semua yang berkaitan permasalahan yang ada di desa bisa kita bahas bersama dan mencari solusi permasalahan tersebut. Seperti contoh alokasi dana desa yang semakin menurun,” katanya.Dikatakannya, pihaknya berterima kasih dalam Rapat Kerja ini bisa dihadiri Bupati, pada tanggal 22 Januari 2022, Bupati bersedia menjadi pembina Forsekdesi Kabupaten Kendal.“Kami mohon arahan dan bimbingan bapak Bupati selaku Pembina Forsekdesi untuk meningkatkan kinerja sekretaris desa se Kabupaten Kendal,” tutur Budi, Ketua Forsekdesi Kendal.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kendal dalam sambutannya mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun Kabupaten Kendal salah satunya adalah dengan dana dusun yang merupakan program Bupati Kendal guna pemerataan pembangunan di tingkat Desa. Beliau juga mengatakan akan melakukan kunjungan ke desa-desa untuk meninjau langsung hasil pembangunan dari dana dusun tersebut agar lebih tepat sasaran. Selain itu ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan guna menjawab tantangan di era generasi industru 4.0. Selain itu juga disampaikan apa yang menjadi fokus dari pemerintah Kabupaten Kendal ke depan. Sehingga diharapkan semua stakeholder termasuk Sekretaris Desa bisa bersinergi bersama mendukung program kerja pemerintah demi Kabupaten Kendal yang lebih baik. 

Bupati meminta kepada sekretaris desa untuk bisa memegang teguh amanah dan mendukung penuh kinerja kepala desanya dalam memajukan desa dan mensejahterakan masyarakatnya.“Saya meminta kepada semua sekretaris desa se Kabupaten Kendal, agar bersama-sama Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan Visi Misi Kendal Handal, Ungul, Makmur dan Berkeadilan,” pinta Dico.Bupati Dico juga menjelaskan Kendal Handal merupakan suatu kondisi terwujudnya Kabupaten Kendal sebagai Pusat Industri dan Pariwisata Jawa Tengah yang mandiri, berprestasi, berdaya saing.“Kondisi tersebut bisa terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, religius, berbudaya sehat jasmani dan rohani, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan serta siap menghadapi revolusi industri 4.0,” ungkap Dico.Bupati berpesan, Pemerintah desa diyakini menjadi kunci dan ujung tombak pemerintahan.

“Karena baik kepala desa maupun perangkat sangat menentukan kualitas keberhasilan optimalisasi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat lebih maju serta sejahtera,” tandas Dico. 

Rapat Kerja ditutup dengan menerima masukan dari masing-masing perwakilan kecamatan yang nantinya akan disampaikan kepada Bupati Kendal. Mari bersama membangun Kendal yang lebih baik.

 

 

Share :